Kerta.Net

12 Cara Membuat Lampu Hias dari Botol Bekas yang Unik dan Gambarnya

Membuat interior rumah menjadi tampak lebih cantik tidak selalu harus dengan memajang properti-properti mahal. Kamu juga bisa memanfaatkan barang-barang bekas yang biasanya dibuang, untuk dijadikan sebagai hiasan alias properti yang tak kalah unik. Salah satunya adalah hiasan berupa lampu yang dapat dibuat dari botol-botol bekas.

Lantas, bagaimanakah cara membuat lampu hias dari botol bekas agar bisa terlihat cantik dan unik? Apa saja alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya?

Cara Membuat Lampu Hias dari Botol Bekas

Lampu hias dari botol bekas bisa dibuat dengan mudah. Selain untuk mempercantik rumah, lampu hias ini juga bisa menjadi bentuk sumbangsih kita dalam mengurangi sampah-sampah anorganik yang terlepas di alam. Nah, bagi yang belum tahu bagaimana cara membuat lampu hias dari botol bekas, berikut ini saya akan menjelaskan tutorialnya lengkap dengan gambar step by step dan videonya. Silakan disimak!

Cara Membuat Lampu Hias dari Botol Bekas

1. Alat dan Bahan

Untuk mempraktekan cara membuat lampu hias dari botol bekas, ada beberapa alat dan bahan yang perlu disiapkan. Alat-alatnya yaitu gunting, spidol, dan pisau cutter, sementara bahan-bahannya yaitu botol bekas ukuran 3 liter, botol bekas soda (bisa sprite atau Fanta), pilox, pernik hias, dan lem tembak.

2. Cara Membuat

Setelah semua alat dan bahan tersebut siap, berikutnya silakan ikuti panduan langkah demi langkah pembuatan lampu hias dari botol plastik sebagaimana berikut.



Pertama, potong botol pastik besar tepat pada bagian lehernya.
Kedua, lubangi bagian dasar tengah botol dengan ukuran yang sesuai piting lampu. Agar lubang rapi, kamu bisa menggunakan pisau cutter yang telah dipanasi terlebih dahulu.
Ketiga, berikan warna pada botol tersebut dan biarkan hingga kering.
Keempat, potong botol-botol soda berukuran kecil tepat pada bagian dasarnya saja (perhatikan gambar 4).



Kelima, lakukan pemotongan untuk beberapa botol ukuran kecil dan bentuk bagian sisinya hingga menyerupai mahkota bunga. Jumlah botol yang dipotong disesuaikan dengan ukuran botol besar yang dijaikan kap lampu.
Keenam, semprot potongan-potongan botol dengan warna-warna yang cerah.
Ketujuh, tambahkan pernik-pernik hias di setiap bagian tengah botol dengan cara menempelkannya menggunakan lem tembak.
Kedelapan, tempelkan satu persatu potongan botol kecil ke botol besar (kap lampu).



Kesembilan, lakukan penempelan berulang hingga semua permukaan kap lampu tertutupi.
Kesepuluh, masukan kabel dan piting lampu lewat lubang yang sudah dibuat pada langkah ke dua.
Kesebelas, lem piting lampu agar tidak mudah copot menggunakan lem tembak.
Keduabelas, berikan kembali potongan botol kecil  di bagian atas bila lampu hias ini tidak digantung di atas. Lampu hias dari botol bekas tinggal dinyalakan.

3. Video Tutorial

Sangat mudah bukan? Meski cara membuatnya sederhana, namun lampu hias dari botol bekas yang berhasil kamu buat ternyata terlihat begitu istimewa? Nah, bila kamu ingin mendapatkan tutorial lengkap dari langkah-langkah di atas secara lebih jelas, kamu bisa menemukannya di video ini.



Demikianlah sedikit penjelasan tentang bagaimana cara membuat lampu hias dari botol bekas yang bisa saya sampaikan di artikel ini. Semoga dengan dilengkapi gambar step by step dan videonya, kamu bisa dengan mudah mepraktekan tutorial ini. Terakhir, untuk kamu yang ingin memperoleh lebih banyak ide-ide segar proyek kerajinan tangan dari botol bekas, kamu bisa menuju daftar isi. Di sana, ada ratusan tutorial serupa yang mungkin bisa menjadi inspirasi. Salam!

0 Response to "12 Cara Membuat Lampu Hias dari Botol Bekas yang Unik dan Gambarnya"