Kerta.Net

12 Cara Membuat Lampion dari Botol Bekas dan Gambar Tahapannya

Membuat lampion dari botol bekas? Memang bisa?! Yapz. Di tangan orang yang kreatif semua barang yang biasanya kamu buang begitu saja, bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan berbagai kerajinan tangan yang unik dan menarik. Salah satunya adalah kerajinan dari botol bekas berupa lampion yang akan kita bahas pada artikel kali ini.

Lampion atau lampu hias adalah properti penting yang mendukung pencahayaan di hunian modern. Dengan lampion, suasana ruangan saat malam hari menjadi lebih hangat, nyaman, dan mewah. Suasana yang sama juga bisa kamu peroleh dari lampion yang dibuat menggunakan botol bekas.

Cara Membuat Lampion dari Botol Bekas

Nah, bagi kamu yang tertarik untuk membuat lampion dari barang bekas, berikut di artikel kali ini saya akan menjelaskan tahap demi tahap proses pembuatannya. Lampion yang dihasilkan pada tutorial kali ini adalah lampion berbentuk buah nanas seperti yang dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Cara Membuat Lampion dari Botol Bekas

1. Alat dan Bahan

Langkah awal yang perlu dilakukan untuk mempraktekan cara membuat lampion dari botol bekas adalah persiapan alat dan bahan. Alat-alat yang dibutuhkan di antaranya adalah gunting, kuas, dan lem tembak. Sedangkan bahan-bahannya yaitu botol aqua bekas ukuran 2 liter, sendok plastik bekas, kertas karton warna hijau, dan cat kuning.

2. Cara Membuat

Setelah alat dan bahannya siap, berikutnya kamu bisa langsung mempraktekan tahap demi tahap cara membuat lampion dari botol bekas sebagaimana berikut:

Kerajinan Botol Plastik Bekas Lampion Nanas

Pertama, siapkan cat akrilik berwarna kuning dan oleskan pada permukaan luar sendok plastik. Potong bagian pegangan sendok menggunakan gunting dan biarkan cat kering.
Kedua, buat pola menggunakan spidol pada bagian leher botol mengikuti bagian terdekat dengan mulut botol.
Ketiga, potong mulut botol mengikuti alur yang sudah dibuat. Agar lebih mudah, gunakaan cutter yang ujungnya sudah dipanasi dengan api.
Keempat, buat pola yang sama pada bagian bawah botol. Letaknya bisa dikira-kira agar tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek.

Lampion dari Botol Plastik Bekas

Kelima, gunting botol mengikuti pola yang sudah dibuat.
Keenam, tempelkan satu persatu sendok yang catnya sudah mengering. Tempelkan menggunakan bantuan cat tembak.
Ketujuh, lakukan langkah keenam secara berulang hingga bagian mulut botol. Pastikan posisi peletakan sendok agar menyilang satu sama lain seperti halnya lekukan pada buah nanas.
Kedelapan, buat pola pada kertas karton berwarna hijau untuk digunakan sebagai bagian kelopak buah.

Lampion dari Botol Bekas

Kesembilan, gunting kertas mengikuti pola yang sudah dibuat.
Kesepuluh, berikan lem di bagian tengah kertas.
Kesebelas, tempelkan di bagian mulut botol. Lakukan langkah kesepuluh dan kesebelas sebanyak 2 kali agar jumlah kelopak nanas lebih banyak.
Keduabelas, lampion sudah jadi dan bisa langsung digunakan untuk menutup bohlam lampu.

3. Video Tutorial

Nah, sangat mudah khan? Kalau kamu masih bingung mengikuti langkah-langkah yang saya jelaskan di atas, kamu bisa menonton video tutorialnya langsung yang sudah saya sematkan berikut ini. Tapi, durasi video ini cukup panjang, jadi pastikan kuota datamu masih cukup banyak.



Demikianlah penjelasan tahap demi tahap cara membuat lampion dari botol bekas beserta gambar dan video tutorialnya yang bisa saya sampaikan di kesempatan artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi untuk menciptakan proyek kerajinan tangan dari barang bekas yang unik di rumahmu. Salam.

0 Response to "12 Cara Membuat Lampion dari Botol Bekas dan Gambar Tahapannya"