Kerta.Net

12 Cara Membuat Hiasan Dinding dari Kardus Bekas yang Unik dan Keren

Membuat dekorasi rumah menjadi lebih unik dan menarik tidak harus selalu membutuhkan biaya yang mahal. Bila kamu kreatif, barang-barang bekas yang ada di gudang rumahmu bahkan bisa menjadi bahan untuk membuat berbagai furniture cantik yang bisa memperindah penampilan interior rumah. Salah satu barang bekas tersebut misalnya adalah kardus.

Ya, kardus dapat dibuat menjadi banyak jenis kerajinan penghias rumah. Selain bingkai foto, rak sepatu gantung, atau boneka danbo, kardus juga bisa diubah menjadi hiasan dinding yang cantik. Nah, bagaimana cara membuat hiasan dinding dari kardus bekas tersebut? Berikut di artikel kali ini kami telah membuat tutorialnya untuk kamu pelajari.

Cara Membuat Hiasan Dinding dari Kardus Bekas

Ada banyak jenis hiasan dinding yang dapat dibuat menggunakan kardus bekas. Kamu bisa melihat koleksi dari jenis-jenis hiasan tersebut di daftar isi kami. Akan tetapi, karena mungkin kamu masih pemula, pada artikel ini kami hanya akan mengulas tentang cara membuat hiasan dinding dari kardus yang paling mudah dibuat. Kenampakan hasil kerajinanmu nantinya akan seperti pada gambar di bawah ini.



1. Alat dan Bahan

Oke, pertama-tama yang harus kamu lakukan untuk mempraktekan tutorial cara membuat hiasan dinding dari koran ini adalah mempersiapkan beberapa alat dan bahan. Alatnya meliputi gunting, cutter, penggaris, dan pola garis (untuk pola garis, kamu bisa download di sini). Sedangkan bahannya antara lain kertas A4, kardus bekas, lem, pilox (opsional), serta lem tembak.

2. Cara Membuat

Berikutnya, setelah semua alat dan bahan siap, kamu bisa langsung menjalankan langkah demi langkah cara membuat hiasan dinding dari kardus sebagaimana dijelaskan berikut.



Pertama, print pola yang sudah didownload, gunting, dan sesuaikan sehingga membentuk pola heksagonal (segienam). Rekatkan pola tersebut pada kertas kardus menggunakan lem.
Kedua, potong kardus mengikuti pola pada kertas. Agar potongan rapi, gunakan penggaris sebagai pembatasnya.
Ketiga, pola-pola yang sudah dibuat bisa dirapikan bila ada sisi yang masih kasar.
Keempat, jika memungkinkan, buatlah potongan yang lebih dalam untuk salah satu sisi agar saat di lem bisa merekat lebih kuat (perhatikan gambar!).



Kelima, semua pola sudah terpotong, termasuk di antaranya pola heksagonal, pola bagian luar dan dalam, serta pola untuk isian sisi bagian bawah.
Keenam, sekarang kamu bisa melakukan pengeleman pada setiap sisi pola dimulai dari sisi bagian dalam heksagonal.
Ketujuh, baru kemudian dilanjut ke sisi luar.
Kedelapan, pola heksagonal sudah jadi lengkap dengan sisi-sisi tebalnya.



Kesembilan, untuk mempercantik tampilan dari hiasan dindingmu, kamu bisa menambahkan cat warna ke bagian luarnya.
Kesepuluh, hiasan dinding berbentuk heksagonal telah terbentuk. Kamu bisa menempelkannya di dinding kamarmu.
Kesebelas, letakan boneka, aksesoris, atau ornamen lainnya di bagian dalam heksagonal.
Keduabelas, kamu juga meletakannya di atas meja seperti pada gambar 12.

3. Video Tutorial

Itulah tutorial cara membuat hiasan dinding dari kardus yang dapat kami sampaikan. Bila kamu masih bingung dengan tahapan-tahapan di atas, berikut ini kami juga sudah buatkan panduannya dalam bentuk video yang bisa langsung ditonton.



Semoga bermanfaaat dan bila panduan cara membuat hiasan dinding dari kardus yang kami sampaikan ini bermanfaat, boleh kiranya kamu memberikan like atau share untuk artikel ini. Salam.

0 Response to "12 Cara Membuat Hiasan Dinding dari Kardus Bekas yang Unik dan Keren"