Kerta.Net

12 Cara Membuat Bunga dari Kulit Jagung : Bagian 1. Bunga Tulip

Cara Membuat Bunga dari Kulit Jagung - Belakangan ini, banyak orang di Indonesia yang memiliki hobi baru, yaitu hobi mengolah berbagai limbah dan barang bekas untuk dijadikan suatu kerajinan unik. Selain bermanfaat untuk melatih kreativitas, hobi ini nyatanya juga dapat menjadi sumbangsih bagi pelestarian alam dan lingkungan dari aktivitas pencemaran yang telah banyak terjadi.

Berbagai limbah dan barang bekas diolah menjadi bermacam-macam bentuk kerajinan tangan. Misalnya saja limbah kulit jagung. Kerajinan kulit jagung ada banyak jenisnya, misalnya kerajinan bunga-bunga imitasi untuk penghias ruangan. Bunga imitasi yang dihasilkan dari limbah tersebut ada banyak ragam dan jenisnya, mulai dari bentuk bunga tulip, mawar, anggrek, hingga bunga sepatu. Penasaran seperti apa cara membuat bunga-bunga imitasi tersebut? Simak uraiannya pada penjelasan berikut.

Cara Membuat Bunga dari Kulit Jagung

Khusus pada bagian pertama ini, kita akan membahas tentang tutorial atau cara membuat bunga tulip dari kulit jagung secara lengkap step by step, disertai gambar dan video panduannya. Pada tahu khan bagaimana bentuk bunga tulip? Gambar di bawah ini adalah hasilnya!



1. Alat dan Bahan

Oke, langkah pertama yang harus dilakukan sebelum mempraktekan cara membuat bunga dari kulit jagung ini adalah kita harus persiapkan beberapa bahan dan alat. Bahannya tentu saja adalah kulit jagung. Selain itu, kita butuh juga pita (warna hijau), pewarna, kawat, benang, dan lem. Sedangkan alatnya antara lain gunting, gunting bergerigi, dan alat lem tembak.

2. Cara Membuat

Setelah semua alat dan bahan tersebut siap, selanjutnya kita bisa langsung mempraktekan cara membuat bunga dari kulit jagung sebagaimana dijelaskan step by step berikut ini.

Cara Membuat Bunga Tulip dari Kulit Jagung

Pertama, rendam kulit jagung dalam larutan pewarna hingga warna alaminya berubah. Lalu kering anginkan selama beberapa saat.
Kedua, setelah kulit jagung benar-benar mengering dan warnanya meresap, semprotkan air supaya tidak kaku dan mudah dibentuk. Gunting bagian bawah kulit jagung agar rata (perhatikan gambar!) [4 helai kulit jagung untuk mahkota bunga].
Ketiga, gunting salah satu kulit jagung berwarna hijau menjadi bentuk daun tanaman tulip yang melancip [persiapan untuk daun].
Keempat, satukan bagian tengah kulit jagung yang digunakan untuk mahkota bunga.

Cara Membuat Bunga Sepatu dari Kulit Jagung

Kelima, gulung bagian tengah tersebut dan lipat ke belakang untuk membentuk lekukan.
Keenam, inilah hasil dari mahkota bunga pertama.
Ketujuh, ikatkan mahkota bunga pertama tadi pada seutas kawat menggunakan benang.
Kedelapan, ulangi langkah ke 4 sd ke 7 dengan sedikit sentuhan imajinasi. Pastikan arah lekukan berselang seling seperti bentuk bunga tulip yang sebenarnya.

Cara Membuat Bunga Mawar dari Kulit Jagung

Kesembilan, perhatikan gambar. Inilah yang dimaksud berselang seling.
Kesepuluh, jika mahkota bunga sudah selesai, selanjutnya gulung pita pada bagian kawat hingga menyerupai tangkai bunga.
Kesebelas, selipkan dan lem kulit jagung berwarna hijau sebagai daunnya.
Keduabelas, buat bunga tulip dengan warna-warna yang lain sehingga jika dirangkai dapat terlihat lebih menarik.

3. Video Tutorial

Sederhana dan mudah ditiru bukan? Jika belum, berikut ini kami juga telah menyediakan tutorial cara membuat bunga dari kulit jagung tersebut dalam bentuk sematan video. Tonton langsung dan perhatikan instruksi yang diberikan.



Nah, demikianlah panduan singkat yang bisa kami berikan terkait cara membuat bunga dari kulit jagung bagian pertama, khusus bunga tulip. Di panduan yang kedua, kamu bisa belajar tentang cara membuat bunga sepatu dari bahan yang sama, bila ingin mencobanya, pelajari tutorialnya di artikel selanjutnya. Semoga bermanfaat!

0 Response to "12 Cara Membuat Bunga dari Kulit Jagung : Bagian 1. Bunga Tulip"