Kerta.Net

Cara Membuat Boneka dari Kulit Jagung, Gambar, dan Videonya

Cara Membuat Boneka dari Kulit Jagung - Selain dapat dimanfaatkan untuk membuat berbagai kerajinan bunga replika, kulit jagung ternyata juga bisa diubah menjadi mainan sederhana berupa boneka. Boneka dari kulit jagung dapat dibuat dengan mudah, bahkan oleh anak-anak sekalipun. Selain itu, bahan dan alat yang diperlukan untuk membuatnya juga tidak terlalu banyak dan tidak sulit didapat.

Kerajinan boneka dari kulit jagung sebetulnya sudah ada sejak lama, khususnya di wilayah-wilayah Amerika Latin. Hanya saja, di Indonesia, kerajinan ini belum begitu familiar. Padahal potensi ekonomi yang dimilikinya cukup besar dan bisa dikembangkan dalam industri kerajinan jangka panjang. Nah, bagi Anda yang ingin mencoba, berikut ini kami telah tuliskan tutorialnya. Simak secara lengkap bagaimana cara membuat boneka dari kulit jagung berikut ini.

Cara Membuat Boneka dari Kulit Jagung

Dalam prakteknya, membuat boneka dari kulit jagung bisa dilakukan dengan mudah. Hanya saja, bila ingin hasil yang maksimal dan agar dapat digunakan sebagai hiasan, kerajinan ini perlu mendapat sentuhan kreativitas sehingga penampakan hasilnya menjadi menarik dan unik seperti boneka pada gambar di bawah ini.

Cara Membuat Boneka dari Kulit Jagung

1. Alat dan Bahan

Untuk membuat boneka seperti pada gambar di atas, tahap pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan beberapa peralatan dan bahan. Peralatannya yaitu botol semprot, gunting, dan aksesoris berupa renda, atau manik manik. Sedangkan bahannya antara lain, kulit jagung, rambut jagung, benang, dan pewarna bila diperlukan.

2. Cara Membuat

Setelah semua alat dan bahan tersebut siap, berikutnya kamu bisa langsung mempraktekan langkah-langkah seperti dijelaskan dalam tutorial cara membuat boneka dari kulit jagung sebagaimana berikut.

Gambar Cara Membuat Boneka dari Kulit Jagung

Pertama, siapkan 4 helai kulit jagung dan potong bagian bonggolnya agar lurus. Semprot dengan air agar tekstur kulit jagung tidak kaku dan mudah dibentuk.
Kedua, ikat ujung kulit jagung menggunakan benang. Balik 2 kulit jagung ke belakang sehingga ikatan tidak terlihat.
Ketiga, ikat kembali kulit jagung pada bagian ujungnya. Sisakan panjangnya kira-kira 3-4 cm. Sisa kulit jagung yang tidak terikat digunakan sebagai tempat melekatnya kepala.
Keempat, letakan 1 helai kulit jagung pada bagian tengah helaian yang sudah diikat. Helaian ini digunakan sebagai tempat menempelnya tangan.

Boneka dari Kulit Jagung

Kelima, ikat kembali bagian bawah dari kulit jagung yang diselipkan sehingga bagian tangan tidak bergeser-geser.
Keenam, untuk bagian bawah, bisa diikat menjadi 2 bagian bila ingin membuat boneka laki-laki dan dibiarkan saja bila ingin membuat boneka perempuan.
Ketujuh, kerangka  boneka telah jadi dan siap ditempeli dengan kulit jagung lainnya.
Kedelapan, dalam menambahkan aksesoris, dibutuhkan imajinasi dan kreativitas sehingga Anda perlu berlatih agar bisa membuat boneka kulit jagung yang cantik seperti boneka pada gambar 8.

3. Video Tutorial

Sedahana bukan? Saya yakin bila sebatas membuat kerangka boneka pasti Anda masih bisa mengikutinya. Namun, untuk memberikan aksesoris berupa baju, rambut, atau hiasan lainnya Anda perlu mencoba berulang-ulang. Sebagai pelengkap, Anda bisa menonton video tutorial cara membuat boneka dari kulit jagung yang telah saya sematkan berikut ini.



Demikianlah ulasan singkat tentang tutorial cara membuat boneka dari kulit jagung yang bisa saya jelaskan lengkap beserta gambar step by step dan video panduannya. Semoga menginspirasi dan bisa bermanfaat untuk menstimulasi kreativitas Anda. Silakan praktekan bersama anak atau adik Anda agar mereka juga bisa belajar membuat kerajinan dari kulit jagung ini. Salam!

0 Response to "Cara Membuat Boneka dari Kulit Jagung, Gambar, dan Videonya"