Kerta.Net

12 Cara Membuat Bunga dari Koran Bekas dan Gambarnya Lengkap!

Kertas koran bekas yang biasanya tertumpuk sangat banyak di gudang rumah kalian ternyata bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat kerajinan tangan unik. Salah satu bentuk kerajinan tangan yang bisa dibuat dari bahan ini misalnya adalah bunga kertas.

Bunga kertas koran sangat mudah dibuat, bahkan oleh kamu yang tidak biasa berkreasi dengan barang bekas sekalipun. Kamu tinggal mengikuti step by step tutorial yang akan dijelaskan berikut ini tentang bagaimana cara membuat bunga dari koran bekas untuk menghasilkan bunga kertas yang cantik sebagai penghias ruangan rumah.

Cara Membuat Bunga Dari Koran Bekas

Pada tutorial kali ini, kami akan menjelaskan cara membuat bunga dari kertas koran dalam bentuk bunga mawar. Bentuk bunga mawar adalah bentuk yang paling mudah dibuat dan tidak membutuhkan banyak bahan tambahan yang tentunya bisa membuat kalian repot saat mempraktekannya. Bila kamu mengikuti tutorial di bawah ini dengan seksama, nantinya bunga mawar dari koran bekas yang berhasil kamu buat akan tampil seperti pada gambar berikut ini.

Cara Membuat Bunga dari Koran

1. Alat dan Bahan

Pertama-tama, sebelum mempraktekan cara membuat bunga dari kertas koran bekas tenntunya adalah menyiapkan beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan. Alat-alatnya cukup sederhana, yaitu gunting, lem tembak, dan mal. Sedangkan bahannya cukup beberapa lembar kertas koran.

Mal adalah pola yang harus dibuat terlebih dahulu untuk membentuk helaian bunga kertas yang nantinya kamu butuhkan. Agar lebih mudah, kamu bisa mengunduh mal yang telah saya sediakan di daftar pola kami.

2. Cara Membuat

Jika alat dan bahan yang diperlukan sudah siap, berikutnya kamu bisa langsung mempraktekan cara membuat bunga dari koran bekas dengan langkah-langkah sebagai berikut.

Cara Membuat Bunga dari Koran Bekas

Pertama, buat pola menggunakan mal yang telah disediakan pada kertas koran. Gambar mengikuti alur sisi sisi bagian luar pola dengan pensil atau pulpen.
Kedua, gunting kertas koran mengikuti garis pola secara rapi.
Ketiga, lakukan langkah pertama dan kedua secara berulang sehingga kamu menghasilkan 4 kertas yang sudah membentuk pola.
Keempat, gulung 5 tepi helaian salah satu kertas koran menggunakan bantuan tusuk gigi.

Cara Membuat Bunga dari Kertas Koran

Kelima, lekatkan kertas yang tepinya sudah digulung ke helaian lain yang belum digulung mengunakan lem.
Keenam, saat ini tersisa 2 kertas koran berpola yang belum digulung. Gunting kedua kertas tersebut hingga membentuk helaian bunga berjumlah 4, 3, 2, dan 1. Gunting menuju tengah kertas sehingga helaian bunga kertas yang dibuat dapat simetris.
Ketujuh, hasil pembuatan pola dari langkah keenam.
Kedelapan, gulung tepi-tepi helaian kertas bepola menggakan bantuan tusuk gigi. Agar terkesan lebih realistis, semakin sedikit jumlah helaian, semakin banyak pula gulungan yang dibuat. Setelah itu lekatkan tepi-tepi yang terpotong menggunakan lem, agar helaian menguncup.

Bunga dari Kertas Koran

Kesembilan, lekatkan helaian bunga pada bagian tengah bunga yang sudah terbentuk di langkah keempat.
Kesepuluh, lekatkan terus hingga helaian yang tinggal satu.
Kesebelas, agar letakan pas dibagian tengah, kamu juga bisa menggunting ujung gulungan.
Keduabelas, bunga mawar dari kertas koran pun siap.

3. Video Tutorial

Mudah sekali bukan? Untuk kamu yang masih bingung mengikuti langkah-langkah cara membuat bunga dari kertas koran bekas yang dijabarkan di atas, kamu juga bisa menonton langsung video tutorialnya yang sudah saya sematkan berikut ini.



Semoga bisa diikuti dan demikianlah tutorial tentang cara membuat bunga dari koran bekas yang mudah dipraktekan. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi. Khusus untuk kamu yang ingin berkreasi lebih banyak menggunakan kertas koran bekas, kamu bisa berkunjung ke link berikut ini : Kerajinan Tangan dari Koran Bekas. Di sana, kamu bisa menemukan ide-ide segar yang pasti bisa membuatmu menjadi pribadi yang lebih kreatif. Salam.

0 Response to "12 Cara Membuat Bunga dari Koran Bekas dan Gambarnya Lengkap!"